Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi – Libur telah tiba! Saatnya pergi bersama keluarga dan si kecil. Nah, mumpung berita tentang letusan Gunung Agung sedang populer, sangat pas kalau pergi ke Museum Gunung Merapi. Wisata ini murah, nyaman dan bisa dijadikan ajang belajar sambil bermain bersama keluarga tercinta Anda. Yuk, kita simak apa yang menarik.

Museum Gunung Merapi

Apa Sih yang Menarik dari Museum Gunung Merapi (MGM)?

Namanya juga museum, wisata ini tentunya menyajikan bebagai wisata edukasi mengenai sejarah pembentukan gunung merapi hingg proses letusannya.

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Saat masuk pertama kali ke ruang utama, pengunjung akan disuguhkan pemandangan Merapi versi mini. Replika gunung Merapi ini cukup nyata dengan kontur dipuncak gunung dan lerengnya. Uniknya, replika ini bisa mengeluarkan asap gemuruh sekaligus mengeluarkan magma tiruan sehingga letusan nampak asli. Yang pasti, gunung replika ini akan meletus saat Anda menekan tombol yang disediakan. Tiga tombol ini antara lain letusan tahun 1969, 1994 dan 2006. Setiap tahunnya gunung ini memiliki tipe letusan yang berbeda.

Museum gunung Merapi menyediakan cerita dan tema berbeda disetiap lantainya, antara lain:

Lantai Pertama

Lokasi berisi tentang volcano world atau hal-hal seputar gunung api yang meliputi evolusi kerak bumi, sejarah letusan gunung Merapi dari tahun ketahunnya, gempa bumi hingga tsunami.

Di sini, pengunjung akan disuguhi foto erupsi Merapi hingga alat pemantaunya. Anda juga bisa menjangkau dan melihat lebih dekat peralatan yang digunakan pengamat tapi sudah tidak lagi dipakai, misalnya; seismograf, radio hingga komputer. Anda juga bisa mengetahi seputar mitos yang muncul di gunung Merapi, proses kubah lava sampai perkembangan pemantau. Bahkan, ada sisa barang-barang yang menjadi saksi bisu gunung ini, sampai motir pun Ada. Yang jelas tinggal kerangkanya saja karena terhempas awan panas.

Masih banyak sekali yang bisa dipelajari oleh pengunjung di lantai satu. Bahkan untuk jalan-jalan mencari souvenir bisa Anda temukan.

Lantai Dua

Berlanjut ke lantai dua, Anda bisa melihat lantai dasar dan menikmati replika merapi langsung dari atas. Ada juga lorong yang berisi peraga simulasi dan ditampilkan di dalam LCD. Lokasi ini paling menarik dijadikan tempat selfie ria. Soalnya sangat Instagramable.

Peraga yang tersedia di lantai dua ini bermacam-macam, mulai dari peraga gempa bumi, peraga bencana tsunami hingga replika gunungnya. Anda pun bisa mencoba alat peraga tersebut.

Setelah itu, kita akan diarahkan ke bioskopĀ  mini yang isinya film dokumentasi “Mahaguru Merapi”. Ceritanya tentang dua karakter Merapi yang wajib diketahui pengunjung. Sayangnya, dilokasi ini Anda tidak diperkenankan memotret atau merekam.

Setelah berpuas-puas ria mengelilingi museum, pengunjung akan digiring ke taman depan yang penuh dengan bunga bermekaran. Lokasi ini adalah tempat yang paling pas untuk foto-foto.

Fasilitas Museum Gunung Merapi

Fasilitas yang ditawarkan di museum ini yaitu toilet, parkir yang luas, toko souvenir dan tempat sampah. Kalau lapar jangan khawatir, disekitar museum ini banyak jajanan street food yang bisa dicoba mulai dari soto, pecel, aneka minuman, gorengan dsb. Semua harganya murah di kantong. Di lokasi tertentu sekitar museum juga disediakan ayunan.

Cara Menuju Lokasinya?

Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem Kab. Sleman Yogyakarta 55582.

Anda bisa melewati rute Jl. Kaliurang terus ke utara hingga menemui plang museum, kemudian belok kiri. Bila sudah melihat perempatan beloklah ke kanan, lalu lurus sampai sekitar 1,5 km dan melihat papan musium.

Daftar Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Harga tiket masuk museum gunung Merapi ini murah sekali. Sekitar Rp. 3000 untuk tiket masuk, Rp. 5000 untuk tiket film dan Rp. 8000 untuk tiket masuk+film. Jam buka museum ini dimulai dari pukul 08.00-15:30 WIB.

Bagaimana? Sudah murah, nyaman dan bersih lagi. Yakin tidak mampir sekalian?

Incoming search terms:

  • museum merapi tiket
  • TIKET MASUK MUSEUM MERAPI
Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *